• Jelajahi

    Copyright © Populer Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Iklan

    | SEPUTAR RIAU

    Ciri Khas Temusai Kampung Hijau Pamerkan Bonsay Tanaman Hias dan UMKM Masyarakat di Bazar MTQ ke-XIII Kecamatan Bungaraya

    Sabtu, 27 Mei 2023, Mei 27, 2023 WIB Last Updated 2023-06-28T21:26:20Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Photo tampak hijaunya tanaman hias yang sudah di Bonsay pada bazar Kampung Temusai di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke- XIII tingkat Kecamatan Bungaraya

    SIAK |REPORTASE24.COM|- Di acara Bazar  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke- XIII tingkat Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak,Riau, Kampung Temusai memamerkan tanaman hias dengan ciri khas yang sudah di Bonsay ( tanaman  yang dikerdilkan) dalam rangka pelestarian tanaman hutan di kampungnya dan juga memamerkan hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti Jamur Tiram, Sirup dan Selai Nanas, Madu, dan lain-lain. Sabtu (27/05/2023)

    Menurut Penghulu Kampung Temusai, Samsudin hal itu dilakukan guna mempromosikan dan memperlihatkan bahwa Kampung Temusai tetap komitmen dalam menjalankan program Kampung hijau. Kampung Hijau di Kampung Temusai, secara prinsip adalah kampung yang memiliki inisiatif membangun secara berkelanjutan dengan memerhatikan aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya.

    " Ada empat tujuan kampung hijau, yakni pertama: Pengelolaan sumber daya alam (SDA) bagi kepentingan masyarakat dengan prinsip kelestarian dan keberlanjutan. Kedua, meningkatkan perekonomian masyarakat. Ketiga, terwujudkan Kabupaten Hijau (Perbup 22/2018) ke dalam pembangunan sumber daya di tingkat kampung. Keempat, meminimalisasi kebakaran dan pengurangan emisi karbon berbasis kampung," ungkapnya.

     Lebih lanjut Samsudin mengungkapkan, adanya kebijakan kampung terkait pembangunan Kampung Hijau, pengelolaan dengan praktik terbaik terhadap pemanfaatan pekarangan rumah tangga, pencegahan karhutla, pengembangan ekowisata dan kegiatan-kegiatan yang sejalan dengan pembangunan Kampung Hijau.

    "Nanas hasil penanaman di lahan gambut yang dikembangkan kaum perempuan di Kampung/Desa Temusai, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau untuk dijadikan sirup dan selai. Penanaman itu adalah bentuk kreativitas untuk pengembangan ekonomi warga agar tidak tergantung pada sawit,"pungkasnya. (Mg)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler